Selasa, 20 September 2011

Mengenal Virus Komputer dan Cara Menghindari Ancaman Virus

   Ternyata, komputer juga bisa terserang virus juga.Sebenarnya virus komputer itu berbentuk apa? Kira-kira, virus komputer itu sama tidak ya dengan virus pada manusia? Lalu apakah virus komputer itu menular? Kemudian bagaimana caranya agar komputer kita tidak terinfeksi firus?Ingin tahu jawabannya? Silakan baca info berikut ini

   Dalam ilu biologi,virus pada makhluk hidup adalah mikroorganisme yg tidak dapat dilihat oleh mikroskop biasa. Virus hanya bisa dilihat dengan mikroskop elektron. Pada ilmu komputer,virus adalah sebuah program komputer yg memiliki kemampuan menggandakan diri dengan cara menyisipkan diri ke file lain. Mirip seperti virus biologis, virus komputer dapat menyebar cepat pada file-file dalam sebuah komputer.Virus dapat menulari file di komputer lain lewat kegiatan tukar menukar file. Saat ini banyak virus yg sengaja disebarkan melalui e-mail. Oleh karenanya jika komputer kita terhubung langsung ke internet,sebaiknya kita memasang antivirus yg selalu diperbaarui seperti Avast dsbg.


Jenis Virus
   Dahulu kita mengenal pembagian virus berdasarkan sasaran penyebarannya, yaitu virus boot sector dan virus file. Virus boot sector dibuat untuk merusak boot sector,yakni bagian dari media penyimpanan seperti disket dan hard disk. Adapun virus file bekerja dengan cara menyisipkan programnya ke sebuah file. Pada saat penggunaan program berbasis Windows mulai marak, kita kembali mengenal satu jenis virus baru, yakni virus macro.Jenis virus macro yg terkenal adalah WordMacro yg khusus dibuat untuk menginfeksi file data dari perangkat lunak pengolah kata Microsoft Word. Virus jenis ini memiliki ribuan jenis gangguan.Mulai hanya menampilkan pesan pada waktu-waktu tertentu, hingga melakukan perusakan pada file.

Menghindari Ancaman Virus
   Sebagai pengguna komputer, ada beberapa langkah yg dapat dilakukan untuk menghindari komputer dari ancaman virus maupun akibat buruk yg ditimbulkannya.
  1. Pasang antivirus pada sistem komputer, seperti McAfee VirusScan (Klik di sini untuk mendownload) dan Noorton Antivirus (Klik di sini untuk download
  2. Perbarui program antivirus secara teratur
  3. Berhati-hati menggunakan file baru, lakukan scanning dengan antivirus
  4. Curigai apabila ada keanehan pada sistem komputer
  5. Backup data secara teratur
NB :saya menyarankan untuk menggunakan antivirus Avast atau Smadav

sumber :Yudhistira

Label: , ,

1 Komentar:

Pada 12 Oktober 2016 pukul 04.05 , Blogger Unknown mengatakan...

Apparently, the computer can also be infected by virus juga.Sebenarnya computer virus which kind
togel singapore

 

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda